Jumat, 05 Agustus 2011

Cara Posting di Blog


Hal yang kita lakukan setelah kita  membuat Blog tentunya adadalah menerbitkan posting dalam blog kita tersebut. Meskipun tampilan blog kita keren dari sisi template, desain dan pernak-pernik blognya, namun akan percuma jika pengunjung menganggap postingan blog kita tidak menarik dan blog kita hanya sebagai tempat transit pengunjung. Banyak yang mengeluhkan tentang apa bagaimana cara yang baik untuk membuat kita terus menerus membuat posting dalam blog kita tanpa merasa bosan. Untuk itu, penulis berusaha mengumpulkan beberapa tips dari beberapa sumber dan juga berdasarkan pengalaman pribadi penulis sendiri.


1.          Duduk, mulai, dan berkonsisten. Ada yang bertanya bagaimana cara untuk membuat sebuah tulisan (atau apa saja) untuk di posting dalam blog kita. Jawabannya sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Bersiaplah mengerjakannya, kemudian mulai, dan jagalah konsistensi kita hingga akhir. Hanya dengan memulai kita bisa menyelesaikan. Tanpa ada permulaan, bagaimana akan ada akhir dan hasilnya bukan? Tanpa konsistensi, maka akan jadi sia sia apa yang sudah kita mulai itu. Nah karena ini adalah tips untuk menulis posting dalam sebuat blog maka bolehlah kita sesuaikan istilah di atas dengan duduk, mulai dan berkonsisten.

2.          Pilihlah topik blog yang kita sukai. Hal ini akan membuat kita terus menerus menulis(berposting), tidak mudah bosan, kita akan terinspirasi untuk mendapatkan ide-ide baru dan mengupdatenya, kita bisa lakukan research/penelitian terhadap blog-blog populer untuk memperoleh ide, dan akan membuat kita selalu konsiten dengan tulisan kita. Dengan memilih topik yang kita sukai, kita akan juga terus belajar tentang apa yang kita sukai tersebut. Sehingga selain kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman, kita juga akan terus menerus menambah pengalaman dan pengetahuan kita.

3.          Katakan “tidak” pada hal-hal negatif. Anda boleh saja istirahat sebentar dari rutinitas pekerjaan ngeblog anda, namun jangan sampai terjerumus dalam tindakan negativ. Seperti game online yang berlebihan, mengunjungi situs porno, dan lain-lain.

4.          headline atau tulisan pembuka yang menarik. Headline yang menarik dari sebuah posting sangat penting yaitu menarik perhatian pengunjung ke blog anda. Biasanya pembaca tidak butuh waktu lama, sekitar 6 detik, untuk memperhatikan headline posting. Jika headline menarik, pasti secara otomatis ia meneruskan untuk membaca sisa posting tersebut. Namun, jika headline tersebut kurang menarik, maka ia akan segera mencari judul posting yang lain atau malah meninggalkan blog anda.

5.          Jangan membuat topik hanya karena ingin mendapatkan uang secara online. Jangan paksakan topik yang tidak kita sukai meskipun topik itu menguntungkan, buatlah topik yang menarik dan berkualitas dengan sendirinya pengunjung blog kita akan banyak, bukankah penghasilan tambahan berasal dari traffic yang tinggi/banyaknya pengunjung? Boleh saja menempatkan iklan dalam blog kita. Tapi, pengunjung blog kita sedikit banyak akan merasa terganggu dan tidak lagi tertarik pada deretan iklan di blog kita.

6.          Buat topik “How-to” atau yang sedang trend. Topik “how-to” adalah topik yang memiliki daya tarik jangka panjang,tetap aktual (tidak bergantung pada waktu atau nilai berita) dan menawarkan nilai manfaat yang tinggi. Topik yang sedang trend saat ini kita bisa gunakan tools Google insights atau untuk topik/niche yang diminati banyak orang, kita bisa gunakan Google Adwords keyword tools.

7.          Pilih Topik yang fokus. Memilih topik yang luas bisa membuat pengunjung bingung dengan blog kita, usahakan konten yang satu dengan yang lain saling bertautan, kalaupun memiliki ketertarikan beberapa bidang usahakan masih berkaitan. Tidak lucu kan jika topik kita mengenai ‘kesehatan’ misalnya, dikombinasi dengan topik ‘tambal ban’ 

8.          Yakin kita suka apa yang kita tulis. Bila memang harus menulis beberapa topik dalam satu blog. Bila kita memang akan memilih topik yang beragam, kembali, yakinkanlah kembali kalau topik tersebut memang benar benar topik yang kita sukai. Bukan kita menulis topik tersebut karena kita harus menulisnya, tetapi kita menulisnya karena  kita memang ingin untuk menulis topik tersebut. Misalnya, dalam blog ini sendiri  penulis menuliskan (memposting) beberapa topik sekaligus. tapi kenyatannya, memang topik topik itulah yang penulis sukai. Alasan mengapa penulis mememutuskan untuk menulis beberapa topik sekaligus adalah karena alasan ribetnya harus mempromosikan beberapa blog sekaligus. Terkadang bingung bila diminta untuk memasukkan alamat web kita. Blog mana yang harus di promosikan. Dengan menuliskan beberapa topik tersebut dalam satu blog yang sama, maka promosi blog kita juga akan semakin mudah. Tapi tetap harus di ingat kalau kita sebisa mungkin harus fokus pada topik pilihan kita saja. Jangan latah dengan menulis berbagai topik tanpa di kontrol.

9.          Tulislah sendiri. Tulislah posting blog kita sendiri. Jangan membuat blog hanya untuk mengisinya dengan kopas dari halaman blog atau web lain di internet. Gaya bahasa tulisan satu orang dengan orang lain pastilah berbeda. Dengan menuliskan sendiri setiap posting yang ada dalam blog kita, kita akan mempertahankan gaya bahasa dalam blog kita itu. Dengan cara ini, blog kita akan memiliki ciri khas yang mungkin akan di ingat pengunjung.

10.      Berikan tautan ke blog asal. Bila memang harus mengopas dari blog lain. Maka berilah tautan ke blog asalnya. Alasan kesopanan dan kejujuran sangat di harapkan disini. Bila kita merasa kesal karena tulisan kita di copas oleh blogger lain tanpa inzin kita dan tanpa mencantumkan sumber dari blog  kita, maka begitulah dengan blogger yang lain. Maka, sebisa mungkin, hormati hasil karya orang lain sehingga hasil karya kitapun akan di hormati orang lain.

11.      Beralihlah. Sebenarnya ini adalah tips  universal untuk setiap penulis. Dan karena seorang blogger bagaimanapun juga akan menjadi seorang penulis, minimal penulis blog, maka penulis kira tips ini juga akan berguna bagi kita sebagai blogger. Sebenarnya, tips ini saya dapat dari guru bahasa Indonesia dulu semasa di SMU. Beliau berkata, salah satu cara menghilangkan kebosanan dan mengatasi kebuntuan ide dan bahan tulisan, maka tulislah beberapa tulisan sekaligus, dan biarkan tulisan itu tetap terbuka setelah kita menyimpannya. Kalau kita merasa jenuh dan ‘mentok’ dengan tulisan yang satu, maka cobalah beralih ke jendela tulisan yang lain. Baca beberapa paragraf terakhir dan rasakan bagimana tiba tiba kita bisa melanjutkan tulisan yang tadinya sudah ‘mentok’ tersebut. Cara ini efektif untuk membuat kita terus bertahan di depan komputer untuk menyelesaikan semua tulisan sekaligus. silahkan di coba.

12.      Tulislah,  jangan di hapus dulu. Dalam menulis, tulislah apa yang ada dalam pikiran kita saat itu. Jangan berfikir yang lain selain menuliskan apa yang ada di dalam otak kita. Saat menulis, pisahkan sang penulis dan sangn editor. Sebenarnya inilah hambatan kita dalam menulis. Karena kita menyatukan dan membuat si penulis dalam diri kita kerja bersamaan dalam sang editor dalam diri kita. Intinya, tulislah, jangan pernah menghapus dulu apa yang kita tulis.

13.      Ciptakan tujuan besar dalam aktivitas blogging anda. Hidup tanpa tujuan kerja tanpa tujuan atau apapun yang tanpa tujuan biasanya akan menciptakan rasa malas. Apa tujuan anda ngeblog? mengapa anda ngeblog? adalah jawaban yang harus ada jawabnya, ngeblog adalah aktifitas yang bagus jika diniatkan untuk berbagi, ilmu, mencari rizky, dan memberi pengetahuan kepada orang lain. Ingat dan angankan bahwa anda mempunyai tujuan yang baik di balik aktifitas anda.


14.      Diamkan dulu sebelum di edit. Setelah kita menuliskan semua apa yang ada dalam kepala kita, maka langkah selanjutnya tentunya adalah mengedit tulisan kita sendiri. Ada dua cara sebenarnya untuk mengedit tulisan kita itu. Yang pertama adalah meminta orang lain untuk mengedit tulisan kita. Bisa siapapun itu, bisa teman, bisa editor yang profesional. Semua ada baik buruknya. Seorang editor profesional tentunya melakukan editan karena bayaran, sendangkan teman mungkin saja secara suka rela akan mem bantu kita mengeditkan tulisan kita. Tapi perlu di cermati, apakah dia dia berpotensi membelokkan gaya bahasa tulisan kita atau tidak. Yang paling aman dan murah adalah dengan menjadikan diri kita sendiri sebagai editor tulisan yang sudah kita buat.


15.      Tapi terkadang, kita bersikap tidak adil terhadap tulisan tulisan kita. Kita mungkin akan merasa kalau tulisan kita dalah tulisan terbaik yang pernah kita buat. Untuk menghilangkan ini, cobalah untuk mendiamkan dulu tulisan kita, minimal satu hari untuk kemudian kita coba baca lagi. Semakin lama tulisan itu didiamkan (tapi sebaiknya tidak lebih dari satu minggu), kita akan semakin bisa membedakan sang penulis dan sang editor dalam diri kita. Sehingga saat mengedit tulisan tersebut, ego sang penulis sudah benar benar bisa di redam dan sang editorlah yang benar benar berperan.              

16.      Gambar yang tepat dan menarik. Mungkin kita sering meremehkan ‘aksesoris’ nontulisan dalam posting kita. Coba kita buka beberapa halaman blog yang memuat tentang hal yang sama. Dimana salah satu diantaranya menyertakan gambar ilustrasi yang menarik, sedangkan yang lain hanya memuat tulisan tulisan saja. Tentunya kita akan lebih tertarik dengan yang menyertakan gambar yang relevan dengan tulisan tersebut. Tapi penting juga untuk di ingat bahwa hanya gambar yang relevan dengan tulisan kita yang boleh kita setakan dalam sebuah poting. Tak ada batasan berapa gambar yang boleh di sertakan selama gambar gambar itu masih relevan dengan tulisan kita.

17.      Postingkan di saat saat sakti. Saat saat sakti di sini maksudnya adalah saat saat di mana banyak orang sedang mengakses internet untuk tujuan tertentu. Misalnya, bila blog kita berisi lebih banyak tulisan yang serius, di sarankan (dari beberapa sumber) untuk membuat posting tidak pada weekend. Karena pada weekend, kebanyakan netter menghabisakan waktunya untuk mencari hiburan. Sehingga pada weekend mungkin posting seputar hiburan yang bisa menghasilkan ratting tinggi.

Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More